Sabtu, 12 Mei 2012
Tiki taka =  warisan Pep Guardiola 


Ya...sekalipun Pep memutuskan pergi dari Barcelona, tetapi kita penggemar sepak bola indah tidak akan pernah kehilangan dia. Warisan terbaiknya bagi klub Barcelona, dan tentu saja bagi penikmat sepak bola seluruh dunia, bukanlah 13 gelar gemerlap, tarian tiki-taka, ataupun gol-gol ajaib Lionel Messi yang menjadi penyempurna gaya ini, melainkan spirit sepak bola yang menghibur dan semangat dedikasi total seorang yang sungguh mencintai sepak bola.

Lalu apa itu tiki taka?? Tiki-taka dipakai untuk menggambarkan gaya sepakbola yang menonjolkan umpan pendek dan pergerakan cepat, dan tipis mengiris di antara kaki-kaki lawan , mengalirkan bola dgn arah yang bervariasi, dan memaksimalkan penguasaan bola (possession). Tiki-taka adalah evolusi dari gaya yg sudah lama terkenal, total football. Total football dikembangkan Barcelona dan Ajax di masa lalu, tiki-tka oleh Barcelona dan timnas Spanyol di masa kini.

Sistem bermain inilah yang mencetak 13 gelar plus catatan statistik yang menggiurkan, 175 menang, 21 seri, 46 kalah, dengan rekor gol 618-178 dalam empat tahun Guardiola yang terasa pendek di Nou Camp.

Pep Guardiola resmi mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pelatih Barcelona, Jumat (27/4) malam WIB. Guardiola akan meninggalkan Azulgrana di akhir musim 2011/2012 nanti. Asistennya Tito Vilanova akan menggantikan posisi pelatih 41 tahun tersebut. Melatih Barcelona sejak musim panas 2008, Pep Guardiola sudah ikut meraih 13 piala, antara lain Liga Champions Eropa, La Liga, Copa del Rey, Supercopa, UEFA Super Cup hingga FIFA Club World Cup. Pep adalah legenda Barcelona."Gracias Pep"

 by awhy el makassary

0 komentar:

Share

Share